Jumat, 20 Januari 2012 - 04:25:05 WIB
Istilah-istilah Excel dan Fungsi Formula Sering Dipakai
Diposting oleh : Helmi Farid Fasya, S.Kom.
Kategori: TIK - Dibaca: 2337 kali

Ms. Office Excel
Microsoft Office Excel
perangkat lunak untuk mengolah data secara otomatis meliputiperhitungan dasar, penggunaan fungsi-fungsi, pembuatan grafik dan manajemen data.Perangkat lunak ini sangat membantu untuk menyelesaikan permasalahan administratif mulai yang paling sedernaha sampai yang lebih kompleks. Permasalahan sederhana tersebut misalnya membuat rencana kebutuhan barang meliputi namabarang, jumlah barang dan perkiraan harga barang.  Contoh permasalahan yang lebih kompleks adalah pembuatan laporan keuangan (general ledger) yang memerlukan banyak perhitungan, manajemen data dengan menampilkan grafik atau pivot tabel atau penggunaan fungsi-fungsi matematis ataupun logika pada sebuah laporan. untuk lebih jelasnya fungsi-fungsi tersebut di sampaikan pada paparan di bawah ini

Istilah-istilah dalam Excel
1. Cell : merupakan bagian terkecil dari worksheet yng dapat diisi dengan jumlah karakter (max. 255 karakter) isi cell dapat berupa value, formula atau text. Contoh : cell A3, cell D5

2. Worksheet (lembar Kerja) : merupakan kumpulan dari 256 kolom dan 65536 baris.

3. Workbook (buku kerja) : merupakan kumpulan dari 256 worksheet (berlabel sheet1 sampai sheet 256)

4. Range : merupakan sekelompok cell yang akan mendapataksi sama sesuai perintah yang anda jalankan. Pemberian alamat/ address dilakukan mulai dari cell sudut kiri atas sampai cell sudut kanan bawah. Contoh : A4:D6 → range mulai dari cell A4 sampai cell D6

5. Alamat Relatif : merupakan alamat yang jika dituliskan kedalam bentuk rumus atau fungsi akan berubah jika dicopy ke cell lain.
Contoh : cell berisi formula A5*6 ,B3 dicopy ke C5 formula pada C5 berubah menjadi B8*6

6. Alamat Semi Absolut : merupakan alamat yang dituliskan dengan tanda $ didepan baris atau kolom sehingga nilai tidak akan berubah.
Contoh : Cell B1 berisi formula $A1*7,B1 dicopy kan ke D5 formula pada D5 menjadi $A5*7

7. Alamat Absolut : merupakan alamat yang dituliskan dengan tanda $ didepan baris dan kolom.tekan tombol F4 untuk menghasilkan alamat absolut pada formula bar. Contoh : cell B1 berisi formula $A$1&5,B1 dicopy kan ke C3 formula pada C3 menjadi $A$1*5

8. Name Box : menunjukkan pada cell/ range yang aktif saat itu. Anda dapat juga membuat nama range melalui kotak nama disebelah kiri formula bar.
Contoh : Holla nama lain range A5:G7

Menulis Rumus
1.Operasi Logika
Dibawah ini terdapat operasi logika anda dapat menggunakan operasi resali atau perbandingan dengan lambang yang digunakan pada Excel dan fungsinya sebagai berikut :
a. = : sama dengan
b. > : lebih besar dari
c. < : lebih kecil dari d. >= : lebih besar atau sama dengan
e. <= : lebih kecil atau sama dengan f. <> : tidak sama dengan

2. Menggunakan Fungsi
Fungsi yang terdapat pada versi 2003 dan 2007 pada umumnya adalah sama dimana akan membantu dalam proses perhitungan. Kita tinggal memanfaatkan sesuai dengan kebutuhan. Umumnya penulisan Fungsi harus dilengkapi dengan argumen, baik berupa angka, label, rumus, alamat sel atau range. Argumen ini harus ditulis dengan diawali = dan untuk area diapit tanda kurung () lalu untuk pemisah  di dalam area kurung untuk format Regional & Language yang English itu memakai , (koma) tapi jika komputer anda dirubah Regional & Language Setting ke Indonesia maka pemisahnya memakai ; (semikon/Titik Koma). Rumus Fungsi dapat dikombinasikan dengan fungsi lain, contohnya fungsi IF dikombinasikan dengan fungsi COUNT, atau rumus fungsi lainnya.

Fungsi yang sering dipakai :

No. RUMUS
KETERNGAN
PENULISAN
 1. SUM Digunakan untuk menjumlahkan sekumpulan data pada satu range  =SUM(number1,number2,..)
 2. AVERAGE
Digunakan untuk mencari nilai rata-rata  =AVERAGE(number1,number2,…)
 3. MAX
Digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari sekumpulan data  =MAX(number1,number2,…)
 4. MIN
Digunakan untuk mencari nilai terendah dari sekumpulan data  =MIN(number1,number2,…)
 5. COUNT
Digunakan untuk menghitung banyaknya data dari range yang kita pilih  =COUNT(sel_area)
 6. STEDEV
Digunakan untuk menentukan standart devisiasi dari suatu range  =STEDEV(number1,number2,…)
 7. VAR
Digunakan untuk menentukan nilai varience dari suatu range  =VAR(number1,number2,…)
 8. HLOOKUP digunakan untuk membaca tabel secara Horizontal  =HLOOKUP(lookup_value,table_array, row_index_num,…)
 9. VLOOKUP
Digunakan untuk membaca tabel secara Vertikal
 =VLOOKUP(lookup_value,table_array, row_index_num,…)
 10. IF
Digunakan untuk fungsi logika, jika acuan sel bernilai benar maka sel yang di posisi aktif akan bernilai sesuai keinginan, untuk komentar diberi tanda Kutip "Contoh Komentar", sedangkan jika angka untuk rumus maka tanpa kutip.
 =If(kondisi,nilai jika benar,nilai jika salah)
 11. VALUE
Digunakan untuk merubah nilai value menjadi nilai text  =VALUE(text)
 12. FIND digunakan untuk menghasilkan posisi substring dari sebuah string atau suatu nomor yang dicari  =FIND(cari text,pada text,mulai nomor)
 13. MID Digunakan untuk mengambil karakter tertentu dari sederet karakter  =MID(text,posisi awal,jumlah karakter)
 14. REPLACE digunakan untuk menggantikan substring dengan substring lain dalam sebuah string (sederetan karakter atau karakter)  =REPLACE(text lama,nomor awal,jumlah karakter,text baru)
 15. CONCATENATE Digunakan untuk menggabungkan string menjadi satu kalimat maksimal 30 string  =CONCATENATE(text1,text2,…)
 16. LEFT igunakan untuk mengambil substring sebelah kiri string
 =LEFT(text,jumlah karakter)
 17. RIGHT
Digunakan untuk mengambil substring sebelah kanan string
=RIGHT(text,jumlah karakter)

Posting Terkait